Rabu, Januari 15, 2014

Renungan?

Aku membaca postingan temenku tentang ia yang "dipalak" di bandara..
Kalo bilang dipalak, kesannya pelakunya preman yang brutal banget gitu, ya..? Tapi yang aku tangkep, kayanya sih pelakunya ga sebrutal itu.. Aku cuma ga nemu aja kata yang pas..
Jadi, dia harus nemenin seseorang sebagai penerjemah masuk ke check in counter.. Nah, dia kan ga ada tiket tu, sementara kalo mau ke counter itu harus nunjukin tiket, baru boleh masuk.. Pas dijelasin ke petugasnya, dibolehin tu masuk.. Baru beberapa langkah, ada petugas yang manggil, minta "uang untuk beli kopi"..
Hellaww?? Lu mau beli kopi apa urusan gua??
Itu yang mungkin aku rasakan kalo aku jadi dia.. Untung dia bahasa Indonesianya pinter, jadi bisa ngancem balik si petugas kalo bakal ngelaporin sikapnya itu..

Catatan, cerita ini sepenangkapanku aja, lho.. Aku pernah ngalamin hal serupa, jadi bisa ngebayangin gitu.. Well, mungkin aku tanya lagi selengkapnya ke orangnya..

Terus jadi inget waktu tanteku (atau kakak ya? Dia ntar ngomel kalo kupanggil tante.. Hihi) mau pulang ke Tokyo.. Jadi gini, adik mamaku, nikah ma orang Jepang.. Adik suami tanteku, belajar bahasa Indonesia di UGM Jogja tahun lalu.. Karena urusan pekerjaan, dia harus balik lagi ke Tokyo..
Nah, biasanya kan mahasiswa asing kalo masa studinya habis dan harus pulang, barangnya banyak tu.. Dan pasti bakal kelebihan muatan di pesawat.. Untuk ngatasinya, bisa minta universitas yang bersangkutan untuk ngasih tambahan berat bagasi.. Mintalah dia..
Aku, dua tanteku yang lain, dan beberapa teman tanteku yang mau pulang itu cuma bisa nemenin sampai pintu masuk bandara.. Dia harus ke check in counter sendiri..
Beberapa saat kemudian, aku melihat dia keluar dari pintu bandara dengan seorang petugas menuju kantor Garuda.. Ternyata, bagasinya kelebihan, 22 kilo!
Padahal, menurut dia, kalo bawa surat keterangan dari universitas, dia boleh masukin bagasi berapapun beratnya.. Dan kata petugas Kantor Urusan Internasional (KUI) UGM, surat itu dibawa ke bandara aja dah cukup.. Tapi ternyata, surat itu ga bisa diproses di bandara! Dia harus ngurus di kantor pusat Garuda di Hotel Ambarukmo. Pesawat akan berangkat 1 jam lagi sementara butuh kira-kira 30 menit untuk ke Hotel itu..
Jika dipaksakan bawa bagasi yang kelebihan itu, tanteku harus bayar denda 724 USD! Kira-kira 8 jutaan waktu itu! Padahal tanteku cuma ada uang Yen..
Akhirnya petugas di sana memberi tambahan bagasi 12 kilo..Masalah kekurangan 10 kilo diselesaikan dengan memindahkan barang-barang yang berat ke tas lain yang akan dia bawa ke kabin..

Dari dua cerita ini, ada dua hal yang bisa kudapat,
1. Orang Indonesia masih banyak yang suka ngasih "pajak" ga jelas..
2. Orang Indonesia kalo ngasih tau sesuatu banyak yang suka ga detail.. Kesannya ga tanggung jawab gitu.. Mana sering salah pula.. (Aku mungkin terkesan nyalahin petugas KUI UGM, but hey! I do blame him/her! )

Soal yang pertama, itu hal yang sebenernya udah basi.. Di mana ada uang, di situ ada jalan.. Saking basinya, banyak orang yang cuma ngikut aja.. Banyak yang mikir, "daripada panjang urusannya, bayar aja deh.." gitu.. Makanya ga ilang-ilang tu budaya..
Atau, banyak yang sebenernya sadar itu salah, tapi dah males buat ngingetin.. Ya karena saking basinya tadi!

Kalo yang kedua, yah, mungkin karena pada males ngomong kali.. Tapi, hey, coba bayangkan kalo kamu jadi pihak yang bertanya, apakah kamu tidak mau jawaban sedetail-detailnya? Dan lebih penting lagi, jawaban yang benar dan tepat! Ya, kan?

Soal pengalamanku di bandara, kapan-kapan aja deh.. Dah kutulis benernya.. Tapi pake bahasa Jepang.. haha..
Dipikir-pikir, dah lama ga nulis postingan pake bahasa Indonesia.. Soalnya, ada orang yang kalo aku nulis pake bahasa Indonesia, dia pasti langsung minta terjemahannya dalam bahasa Jepang atau Inggris.. Karena kami berkomunikasi menggunakan kedua bahasa tersebut..
Hauh.. ngantuk!

Tidak ada komentar: